Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari April 23, 2011

Membuat Menu Dropdown html and tutorial

Membuat Menu Dropdown
Dalam konsep blog, setiap posting kita akan terarsip otomatis secara rapi setiap bulan. Setiap memasuki bulan baru, seperti Januari, maka arsip bulan Desember akan tampil di sidebar. Masalahnya, kalau kita sudah ngeblog setahun, maka arsip dari Januari sampai Desember akan berjejer di sidebar kita. Bagaimana kalau dua dan tiga tahun lagi? Langkah praktis mengatasi hal ini adalah dengan membuat pull-down menu seperti di bawah ini:



Jadi, berapa bulan/tahun kita blogging di blogger/blogspot, menu bulan-bulan tsb tidak akan memenuhi dan berjejer panjang di sidebar kita. Yg tampak hanya nama "Archives", baru setelah di klik, akan muncul nama bulan arsip-arsip kita.

Untuk membuat arsip pulldown ini ada dua yakni untuk blogger dengan template klasik, dan template baru. Untuk template klasik langkahnya yaitu :

1. Login ke blogger.com dg id Anda


2. Klik Template


3. Di bagian sidebar blog Anda bagian archives, ada kode html sbb:


&


<$BlogArchi…

tutorial by html

Tutorial HTML
Bagi kawan-kawan yang sudah pernah berkunjung ke blog ini, mungkin tahu bahwa hari ini blog ku ada banyak perubahan, yo'i.. yang tadinya sangat anti gambar sekarang tiba-tiba jadi lautan gambar, coba saja lirik kebawah, tadinya banner yang terpasang hanya beberapa buah saja tapi sekarang jadi ngebaris kaya tentara mau berangkat perang. Yups..tadinya cuma iseng-iseng masukin banner dari teman-teman blog lain, eh keterusan.. ya udah sekarang semua gambar dari feedburner.com aku masukin semua..sekalian biar rame..

Dan mulai hari ini topik bahsan pun akan ada sedikit perubahan, yakni ga cuma ngebahas blog tutorial doank tapi ngebahas juga soal HTML, ini saya lakukan karena ada diantara sahabat saya yang hoby obrak-abrik template blognya tapi masih menemui kesulitan karena masih bingung soal perintah-perintah HTML, ya ngga jauhlah dari saya yang setiap edit HTMl musti inga inga dulu perintah HTML nya ma'lum baru belajar jadi belum pada hapal.

Baiklah sobat, kita kemba…